Tips Memilih Mainan Anak yang Aman dan Mendukung Perkembangannya

Mainan Anak

Anak-anak pastinya tak akan lepas dari yang namanya mainan. Wajar saja lewat mainan buah hati Anda dapat mengasah kreativitas dan imajinasinya. Selain itu secara tidak langsung mainan anak juga mendukung tumbuh kembang otaknya. Karena menyangkut perkembangan otaknya inilah Anda harus memberikan mainan yang baik dan sesuai.

Sayangnya mainan yang beredar di pasaran saat ini justru tidak higienis dan bisa merusak tumbuh kembangnya. Lalu bagaimanakah cara memilih mainan yang tepat untuk anak? Berikut informasinya untuk Anda.

Memilih mainan yang baik untuk anak sebaiknya tidak susah. Akan lebih baik jika Anda memilih sesuai dengan usianya. Misalnya saja untuk anak dibawah tiga tahun berikan mainan yang memiliki warna menarik dan sifatnya mengasah kemampuan otak dalam menganalisa warna. Contoh mainan yang sesuai dengan usia tersebut adalah bola.

Sedangkan untuk anak yang berusia diatas tiga tahun sebaiknya berikan mainan berupa puzzle dan lego. Karena pada usia itulah perkembangan otak anak akan lebih pesat sehingga harus diberikan mainan yang bisa melatih daya pikirnya.

Selain tips diatas ada juga beberapa tips lain yang harus Anda perhatikan dalam memilih mainan anak. Diantaranya:

Pilih mainan yang memiliki tekstur lembut dan empuk. Pemilihan bahan tersebut dikhususkan jika usia anak Anda masih dibawah tiga tahun. Maklum saja pada usia tersebut anak akan lebih suka memasukkan mainan ke dalam mulutnya untuk mengasah gigi. Untuk itulah ada baiknya memilih mainan yang terbuat dari karet berkualitas sehingga tidak melukai gigi anak.

Jangan memberikan mainan untuk anak yang memiliki tepi tajam. Hal ini bisa melukai kulit anak Anda pada saat memainkannya.
Belilah mainan yang mudah sekali untuk dicuci dan dibersihkan. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan virus dan bakteri yang bisa saja menempel pada mainan.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika memilih mainan. Selain tips yang sudah disebutkan, Anda sebaiknya juga memilih mainan yang aman saat dimainkan. Misalnya saja tidak memilih mainan yang bertali cukup panjang.

Mainan bertali sangat berbahaya untuk diberikan kepada anak-anak. Karena hal tersebut bisa menyebabkan leher anak terjerat saat memainkannya. Jika memang mainan tersebut memiliki tali, ada baiknya Anda mengawasi dengan ketat saat anak memainkannya.

Terakhir jangan lupa untuk membeli mainan anak yang terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas. Maksudnya berbahan aman dan berkualitas adalah bahan pembuat mainan tersebut higienis. Jikalau terbuat dari plastik, pastikan plastik tersebut bukan merupakan plastik daur ulang.

Karena penggunaan plastik daur ulang dalam mainan khusus anak bisa menyebabkan anak terkena bakteri berbahaya. Agar lebih aman, sebaiknya cuci mainan terlebih dahulu sebelum memberikannya pada buah hati Anda.