Telkomtelstra Resmi Bertransformasi Jadi Digiserve, Customer Experience Jadi Fokus di 2022

Digiserve

Demi meningkatkan layanan dan mendukung program digitalisasi, Telkom Indonesia resmi mengambil alih bisnis Telkomtelstra. Perusahaan tersebut dibentuk Telkom bersama dengan perusahaan asal Australia, Telstra Ltd di tahun 2014, dan mulai beroperasi pada Mei 2015.

Telkomtelstra sendiri merupakan perusahaan yang fokus pada layanan network, managed cloud, professional services, dan security, menawarkan layanan cloud computing dan network & application services (NAS). Tidak hanya itu, perusahaan itu pun sempat menggandeng Microsoft untuk menghadirkan layanan hybrid cloud di Indonesia.

Dari web platform CX Expert CXSense, berikut ulasan lengkap mengenai transformasi resmi Telkomtelstra menjadi Digiserve:

Customer Experience Jadi Fokus di 2021 dan Tahun Mendatang

Bisnis Telkomtelstra sekarang sepenuhnya dikelola oleh PT Digital Aplikasi Solusi (Digiserve), dengan Ahmad Hartono bertindak sebagai Presiden Direktur Digiserve. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Director of Finance and Risk Management Finnet Indonesia.

Presiden Direktur Telkom Metra, Pramasaleh Utomo mengatakan pihaknya mendukung penuh penerapan good corporate governance Digiserve yang kini resmi jadi bagian dari BUMN. Telkom Metra berkomitmen untuk mengawal akselerasi rencana, proses, dan realisasi bisnis Digiserve.

Pramasaleh menambahkan jika poin penting dari strategi bisnis yang akan dijalankannya adalah, menjaga customer experience dengan memberikan pengalaman positif yang melampaui ekspektasi dari pelanggan. Hal ini diharapkan akan membuat brand Digiserve semakin dikenal.

Sementara itu, sebagai Presiden Direktur Digiserve, Ahmad Hartono menjelaskan jika tahun 2021 ini Digiserve akan fokus mengamankan performa perusahaan dan mengakselerasinya agar bisa menjelma jadi salah satu perusahaan global di tahun berikut 2022 nanti.

Tentu bukan tanpa alasan, Edi Witjara, Director Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, menjelaskan jika pangsa pasar dunia digital saat ini tergolong tinggi, terutama di bidang bisnis enterprises yang belum tergarap secara maksimal.

Screenshot 11

Diganjar Penghargaan MEA

Strategi yang digarap Digiserve dengan fokus kepada customer experience ini langsung berbuah manis. Dalam ajang Miracle Enterprise Award (MEA) 2021 yang diselenggarakan Direktorat Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia Tbk, Digiserve berhasil meraih penghargaan Silver Winner.

Ajang MEA sendiri bertujuan untuk memberi apresiasi dan acknowledge kepada jajaran Customer Facing Unit Enterprise, dengan harapan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan meningkatkan kreativitas peserta dalam misi mencapai target pelayanan yang maksimal.

Untuk kategori “Customer Experience Innovation, Solution for Pandemic Innovation”, Tim Digiserve diwakili oleh Anang Siswanto, Asi Christo, Ekmal Hakim, dan Nadia Qisthina Putri, dengan mengusung konsep “Surviving Pandemic through Digital Customer Experience”.

Ide tersebut dianggap sebagai solusi paling relevan dengan kondisi pandemi Covid-19, dimana semua sendi kehidupan kini telah berubah total, termasuk memaksa hampir semua sektor industri harus bertransformasi menuju sektor digital.

Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan yang berhasil survive dengan digitalisasi, bahkan berhasil meraih keuntungan yang cukup tinggi. Namun mereka yang tidak tanggap dengan perubahan ini, cenderung sulit berkembang (bahkan mengalami kemunduran yang cukup jauh).

Namun disisi lain, perusahaan harus tanggap dengan perubahan ekspektasi pelanggan, mengingat selama proses transformasi ini pelanggan tidak hanya mencari dan membeli produk, tapi juga mencari pengalaman baru. Hal inilah yang jadi tantangan baru, dan diakomodir Digiserve.

Terkait kondisi ini, tim Digiserve menawarkan solusi lewat inovasi yang fokus pada pelanggan, yakni Digital Customer Experience (DCE) yang sejak awal kehadirannya di tahun 2019 kemarin memang difokuskan untuk memberikan layanan servis yang jauh lebih canggih.

DCE sendiri merupakan platform khusus yang bertugas untuk membantu perusahaan mengembangkan bisnis, sekaligus membangun kepercayaan pelanggan yang berkelanjutan, meningkatkan loyalitas, sekaligus membantu agar lebih tanggap dalam memaksimalkan peluang bisnis.

#CXSenseWritingCompetition