Perbedaan 3 Jenis Minuman Olahraga

Coolant Minuman Olahraga

Setelah berolahraga, biasanya Anda bisa langsung minum air yang sudah dipersiapkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya pilih minuman yang mempunyai manfaat terbaik setelah berolahraga yaitu jenis minuman olahraga. Minuman olahraga sendiri mempunyai manfaat untuk menjaga performa latihan baik sebelum dan setelah olahraga. Sehingga tidak hanya bisa diminum setelah olahraga, tetapi juga sebelumnya untuk mendapatkan hasil olahraga lebih baik. Bagi yang ingin memilih minuman olahraga terdapat 3 jenis minuman yang perlu dikenali dan diketahui perbedaannya, yaitu:

  • Isotonik

Jenis minuman olahraga pertama adalah isotonik yang paling umum diketahui dan dipilih oleh banyak orang. Jenis minuman ini mempunyai kandungan konsentrasi garam dan juga gula yang ada di dalam tubuh. Isotonik merupakan jenis minuman yang mempunyai manfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga. Sehingga dengan mengonsumsi isotonik saat berolahraga akan dapat mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut dengan cepat. Selain itu, isotonik juga menjadi minuman yang bisa menyediakan energi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh saat berolahraga. Jenis minuman isotonik ini menjadi yang paling populer dan mudah ditemukan, bahkan juga digunakan oleh atlet untuk dikonsumsi sebelum latihan dengan durasi panjang.

  • Hipertonik

Jenis minuman selanjutnya yang bisa dipilih sebagai minuman olahraga adalah hipertonik. Minuman ini mempunyai kandungan karbohidrat paling tinggi dibandingkan isotonik. Sehingga hal tersebut membuat minuman hipertonik memberikan manfaat untuk meningkatkan konsentrasi zat yang ada di dalam tubuh. Dengan jumlah kandungan karbohidrat yang tinggi di minuman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran air dalam usus sehingga membantu melancarkan pencernaan. Minuman jenis ini juga sering dimanfaatkan oleh para atlet untuk dapat meningkatkan cadangan glikogen yang ada di otot hingga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

  • Hipotonik

Jenis minuman selanjutnya yang merupakan minuman olahraga adalah hipotonik. Minuman ini mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan jenis minuman olahraga sebelumnya. Sehingga jenis ini cocok digunakan bagi yang membutuhkan lebih banyak cairan dibandingkan karbohidrat. Karena jenis minuman ini tidak memberikan kalori besar setelah diminum seperti pada jenis hipertonik. Jenis minuman olahraga hipotonik ini mempunyai keunggulan karena akan lebih mudah diserap tubuh dibandingkan isotonik. Dengan ciri tersebut, jenis minuman hipotonik ini paling banyak dikonsumsi oleh atlet gimnastik yang membutuhkan banyak cairan bukan kalori saat berolahraga.

Salah satu jenis minuman olahraga yang bisa dipilih di pasaran adalah dari Coolant. Produk Coolant merupakan minuman olahraga dari ENESIS yang mempunyai kandungan ion dan bisa menyejukkan setelah diminum. Kandungan ion di dalamnya terdiri dari mineral alami natrium, kalium, dan juga magnesium. Berbagai kandungan tersebut membantu menghilangkan haus dengan cepat dan menghilangkan gerah dan dapat membuat tubuh merasa lebih sejuk secara alami. Sehingga bagi yang olahraga dan merasa panas bisa langsung menyejukkan tubuh dengan cepat sekaligus mengganti cairan tubuh dengan minuman olahraga Coolant.

Produk Coolant mempunyai dua varian dengan rasa-rasa yang bisa memberikan efek segar ketika diminum. Pertama adalah Coolant belimbing yang mempunyai rasa buah belimbing yang segar. Selanjutnya ada Coolant bengkoang yang juga memberikan rasa segar dan alami ketika diminum setelah berolahraga. Kedua varian tersebut memberikan manfaat selain menyegarkan juga dapat melancarkan sirkulasi darah hingga menghilangkan rasa gerah dan haus dengan cepat setelah olahraga. Segera beli Coolant dengan rasa yang diinginkan sebagai minuman yang menyegarkan setelah berolahraga.