Penyebab Kanker Otak Yang Harus Anda Diketahui 

Kanker otak

Pertumbuhan sel yang tidak normal di otak disebut tumor otak. Jenis tumor ini dapat dimulai di otak itu sendiri atau muncul sebagai cabang dari jenis kanker lainnya. Tumor primer atau kanker yang berasal dari otak terdiri dari banyak jenis seperti meningioma, neuroma akustik, neuroblastoma, ependymoma, dan oligodendroglioma.

Nama kanker diambil dari jenis sel asal kanker. Kanker otak hampir selalu mematikan dan dapat menyebabkan serangkaian masalah kesehatan lainnya. Karena sifatnya yang sangat rumit, studi kanker otak berlangsung dengan sangat lambat.

3 penyebab utama kanker otak adalah:

Mutasi DNA

Kanker terjadi ketika sel kehilangan kemampuannya untuk mati. Secara sederhana, sel menjadi abadi. Dan mereka mulai berkembang biak dengan cepat dan berkembang biak dengan kecepatan tinggi. Diyakini bahwa perubahan ini terjadi pada sel karena mutasi (perubahan) pada struktur DNA sel. Sel abnormal tidak memiliki tempat untuk bergerak dan mulai menggumpal di lokasi tersebut, menciptakan benjolan atau tumor yang kita lihat. Segera, sel-sel ini mulai menginfeksi sel lain dan menjadikannya kanker.

Usia dan Jenis Kelamin

Meskipun orang dari segala usia memiliki risiko terkena kanker otak, tingkat kejadiannya menjadi lebih tinggi dengan bertambahnya usia. Statistik menunjukkan bahwa pria lebih rentan terhadap penyakit otak ini dibandingkan wanita. Wanita, di sisi lain, memiliki lebih banyak jenis tumor non-kanker.

Keturunan

Kondisi genetik juga memiliki peran besar dalam menyebabkan terjadinya kanker. Anak-anak penderita kanker lebih rentan terhadap penyakit ini.

Kondisi medis

Telah ditemukan bahwa mereka yang menderita kondisi medis seperti Neurofibromatosis, sindrom Turcot, sindrom Gorlin, sindrom Von Hippel-Lindau, AIDS, dan sindrom Li-Fraumeni lebih rentan terhadap kanker.

Penyebab Lain-lain

Sinar UV yang berbahaya telah ditemukan sebagai salah satu penyebab utama kanker kulit. Apakah sinar ini merusak sel-sel otak masih harus dipelajari. Merokok, alkohol, pewarna rambut, dan bahan kimia lainnya diyakini sebagai karsinogen (agen penyebab kanker).

Baru-baru ini banyak penelitian tentang bagaimana penggunaan ponsel dapat dikaitkan dengan kanker otak. Beberapa studi penelitian juga mengaitkan kanker otak dengan tinggal di dekat area yang memiliki saluran listrik tinggi. Dipercaya bahwa anak-anak yang terpapar radioterapi untuk perawatan lain memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker otak.