Mengenal Lebih dalam Tentang Olahraga Memanah

Pemanah Wanita

Panahan merupakan sebuah cabang olahraga atletik yang kini banyak dipertandingkan dalam berbagai event olahraga nasional ataupun internasional.

Berdasarkan sejarahnya sendiri, olahraga ini sebetulnya telah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan sejak jaman pra sejarah, dimana kegiatan memanah ini dilakukan oleh berbagai kalangan untuk melakukan perburuan binatang yang akan digunakan sebagai bahan makanan untuk bertahan hidup.

Seiring dengan perkembangan jaman, kegiatan yang satu ini kemudian banyak dijadikan sebagai hobi oleh kalangan tertentu. Hobi inilah yang mengawali kegiatan tersebut kemudian dijadikan sebagai cikal bakal lahirnya olahraga panahan ini.

Olahraga panahan sendiri, merupakan sebuah olahraga yang dilakukan dengan cara menembakkan anak panah menuju sasaran tertentu yang memang menjadi pusat penembakan.

Semakin dekat anak panah dengan titik focus sasaran, maka akan semakin besar nilai yang diperoleh para pemainnya. Untuk melakukan olahraga ini tentunya dibutuhkan peralatan utama didalamnya.

Beberapa peralatan utama yang digunakan untuk melakukan olahraga ini adalah busur panah, anak panah dan media sasaran penembakan akan panah, yang biasa disebut dengan bantalan panahan.

Dalam olahraga panahan ini sendiri, biasanya permainan akan dilakukan dengan pengkategorian jarak tembak yang dilakukan oleh para pemainnya. Dalam olahraga ini jarak tembak yang biasanya akan digunakan adalah 30 dan 50 meter.

Untuk dapat melakukan penembakan anak panah dengan tepat inilah, maka penguasaan teknik dasar dalam olahraga yang satu ini sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa teknik dasar dalam olahraga panahan tersebut, yang antara lain adalah:

Standing, merupakan teknik dasar bagi para pemain sebelum melakukan permainan, teknik ini juga biasa disebut dengan teknik berdiri.

Teknik memasang anak panah pada bagian string panah, teknik ini wajib dikuasai oleh para pemain terlebih dahulu untuk kenyamanan dalam permainan. Teknik memasang ini dilakukan dengan cara mengaitkan nock anak panah pada nock point yang terdapat pada string.

Posisi hock, posisi ini merupakan posisi jari untuk menarik anak panah.

Anak panah ditarik dengan cara menarik string, dimana posisi jari telunjuk, jari tengah dan jari manislah yang nantinya akan menarik string yang terdapat dalam busur panah.

Teknik grip, teknik ini merupakan teknik tumpuan untuk busur panah yang akan digunakan untuk menembakkan anak panah.

Posisi tumpuan grip dapat dilakukan pada bagian atas, tengah ataupun bawah dari busur, sesuai dengan penguasaan teknik dari masing-masing pemain.

Selain teknik dasar tersebut diatas, untuk melakukan kegiatan memanah ini sebetulnya terdapat beberapa teknik lain yang memang harus dikuasai terlebih dahulu oleh para calon pemainnya.

Penguasaan teknik dasar ataupun lanjutan ini penting untuk dilakukan, agar nantinya selain sasaran tembak dapat dilakukan dengan tepat, cedera dalam melakukan olahraga pun dapat dihindari dengan mudah.