Cara Hemat Berbelanja Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi

Berbelanja perlengkapan bayi merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan semasa hamil. Pada saat Anda melihat-lihat semua kebutuhan bayi di mall atau toko, maka semuanya akan terlihat sangat menarik dan lucu. 

Sehingga Anda rasanya ingin segera membeli semuanya, terlebih lagi jika ternyata Anda baru mengandung anak pertama. 

Namun, keinginan semacam ini perlu dikontrol dan diminimalisir membeli perlengkapan yang sekiranya tidak akan terlalu dibutuhkan. Dibawah ini cara cerdas berbelanja perlengkapan dan peralatan bayi secara hemat.

Buat daftar belanjaan secara rinci dan detail

Sejak buah hati Anda belum lahir, silahkan buat perlengkapan apa yang akan bayi Anda butuhkan di saat lahir nanti. Buatlah secara rinci, dimulai dari kebutuhan pakaian, peralatan menyusui, berbagai perlengkapan mandi, furniture ruangan bayi dan lain sebagainya. Jika masih bingung perlengkapan apa saja yang sangat dibutuhkan oleh bayi, maka Anda dapat mencari referensinya melalui internet. Penting untuk Anda ingat bahwa tidak semua jenis barang di mall atau toko benar-benar dibutuhkan oleh bayi. Sehingga akan sangat percuma jika Anda membeli semua barang yang Anda temui di toko maupun mall tersebut.

Hitung jumlah perlengkapan yang dibutuhkan calon bayi Anda

Tentukan berapa kali di dalam seminggu Anda akan mencuci pakaian bayi, sehingga jumlah pakaian yang dibutuhkan dapat dihitung secara seksama. Misalnya saja jika Anda berencana untuk mencuci hanya satu kali dalam seminggu maka pakaian yang harus Anda sediakan paling tidak 7 setel pakaian dikalikan 2. Mengapa harus dikalikan dua? Tentu saja karena bayi masih sering harus berganti celana atau baju beberapa kali dalam sehari karena pipis, terkena tumpahan susu dan lain sebagainya. Ini dapat dikatakan menjadi hal sulit yang harus Anda pertimbangkan saat membeli perlengkapan bayi.

Membeli pakaian bayi yang berukuran 1 nomor lebih besar

Bayi yang baru saja terlahir akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Terkadang hampir dari semua pakaian yang dibelikan dengan ukuran pas di badan hanya akan muat hingga 1 bulan saja. Jadi akan lebih baik jika Anda membeli pakaian bayi dengan ukuran 1 nomor lebih besar. Semua merek pakaian tentunya memiliki ukuran dan pola yang berbeda. Sehingga jangan hanya terpaku dengan petunjuk usia yang tercantum di label pakaian bayi yang akan Anda beli.

Berburu berbagai barang diskon

Manfaatkan adanya kesempatan untuk berhemat melalui tawaran diskon. Sekarang ini persaingan hypermarket semakin ketat. Dengan demikian terkadang mereka akan cenderung sering berperang harga dengan cara memberikan diskon-diskon khusus hanya demi merebut hati pelanggan. Karena untuk perlengkapan bayi harus disiapkan sejak jauh-jauh hari, maka masih ada cukup banyak waktu membelinya pada saat musim diskon.