Beberapa Jenis Hewan Ternak Yang Cocok Buat Peternak Pemula

Jenis Hewan Ternak

Sejumlah orang yang tinggal di kota membuat keputusan untuk meninggalkan kehidupan kota yang mereka ketahui dan pindah ke pedesaan untuk memulai babak baru kehidupan mereka sebagai pertanian atau peternak.

Hidup di pedesaan tidak seburuk yang dipikirkan beberapa orang. Tentunya kondisi yang akan Anda jalani akan berbeda dengan yang biasa Anda alami, namun seiring berjalannya waktu Anda akan mulai terbiasa dengan cara hidup yang sangat menyegarkan karena Anda tinggal jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Saat pindah ke pedesaan anda harus mendapatkan lahan yang luas apalagi jika ingin beternak berbagai jenis ternak. Tanahnya harus subur dan memiliki sumber air yang dapat diandalkan. Peternakan membutuhkan lahan hijau karena ternak yang dipelihara di padang rumput hijau lebih sehat daripada ternak yang dipelihara dengan pakan produksi pabrik. Hasil bumi juga terasa jauh lebih enak dan dijual dengan harga lebih tinggi di pasar.

Memelihara ternak menuntut Anda untuk berdedikasi dan memiliki waktu untuk merawat ternak Anda. Mereka membutuhkan Anda untuk merawatnya dengan memberi makan dan memberi mereka cukup air bersih setiap hari. Anda juga harus membangun tempat berlindung dan meminta dokter hewan untuk datang memeriksanya sesekali.

Sebagai peternak pemula, Anda mungkin tidak tahu jenis ternak apa yang bisa Anda pelihara di pertanian Anda. Beberapa jenis ternak membutuhkan perawatan lebih dari yang lain dan mungkin tidak cocok untuk peternak pemula. Namun tidak perlu khawatir karena di bawah ini Anda akan mendapatkan panduan tentang jenis ternak yang bisa Anda mulai pelihara sebagai pemula dan cara membesarkannya dengan cara yang sehat.

  • Ayam

Ayam adalah jenis ternak pertama yang cocok untuk peternak pemula, mereka mudah dikelola, makan lebih sedikit dan dapat disembelih dengan mudah daripada kebanyakan ternak. Burung-burung ini dapat dibesarkan untuk memberi makan keluarga Anda dengan telur dan daging segar. Tapi Anda juga bisa membesarkannya untuk dijual ke permintaan pasar yang terus berkembang.

Beternak ayam mengharuskan Anda memeriksanya setiap hari karena Anda harus memberi makan dan memberinya air bersih. Mereka harus diberi jagung bergizi dan pakan ayam organik sehat yang dibeli dari toko petani setempat.

Satu hal yang menakjubkan tentang ayam adalah mereka bahkan dapat memakan sisa makanan Anda dan hama yang ditemukan di taman Anda. Dan saat mereka sibuk di kebun Anda, ‘limbah’ mereka yang kaya baik untuk menyuburkan taman atau halaman Anda.

Perumahan yang tepat juga sangat penting untuk ayam Anda. Kandang ayam akan menjadi tempat berlindung bagi burung ketika suhu terlalu dingin atau panas. Ini juga akan melindungi burung Anda dari predator seperti elang, kucing dan anjing yang dapat membahayakan mereka. Kandang harus cukup besar untuk menampung semua ayam Anda. Ayam harus bisa istirahat dan bertelur tanpa terlalu banyak bertelur.

Bagian dalam kandang ayam harus dijaga kebersihannya agar tidak berkembangnya kuman yang dapat menginfeksi unggas Anda. Untuk melakukan ini Anda dapat menyapu dan mengepel lantai pada daftar seminggu sekali, kotoran ayam dapat ditumpuk di sisi kandang untuk digunakan sebagai kompos untuk taman atau halaman Anda. Dan di daftar dua kali setahun seluruh kandang harus disterilkan agar tidak penuh dengan kutu.

  • Bebek

Selain beternak ayam, jenis burung lain yang bisa Anda pelihara adalah bebek. Pemeliharaan itik tidak dilakukan oleh banyak peternak dan alasan utamanya adalah karena menurut mereka itik membutuhkan lebih banyak perawatan daripada ayam. Faktanya itik bisa dengan mudah dipelihara seperti halnya ayam.

Bebek bisa dibesarkan untuk telur dan daging segar. Telur mereka mengandung lebih banyak kalsium, vitamin, dan zat besi daripada yang diproduksi oleh ayam. Daging bebek rasanya enak dan dijual dengan harga lebih tinggi dari pada ayam. Selain semua manfaat ini, mereka adalah makhluk menggemaskan alami yang akan menarik bagi anak-anak Anda.

Saat beternak itik, Anda harus terlebih dahulu memutuskan jenis ras apa yang Anda inginkan, jenis yang Anda pilih akan ditentukan oleh alasan Anda memelihara itik. Ada bebek yang bagus untuk produksi telur seperti Bebek Peking. Sedangkan bebek yang bagus untuk produksi daging adalah Bebek Khaki Campbell. Jika Anda berpikir untuk membesarkan mereka sebagai hewan peliharaan maka Anda akan ingin meningkatkan Call Duck,

Bebek seperti ayam mengkonsumsi lebih sedikit makanan daripada kebanyakan ternak. Mereka bisa menjadi pakan remah, pelet dan tumbuk bebek non obat. Untuk melengkapi makanan ini Anda bisa memberi mereka sayuran hijau dan membiarkan mereka merumput di ladang untuk memakan serangga, siput dan cacing yang mengandung banyak nutrisi. Dan karena mereka tidak memiliki gigi untuk mengunyah makanan, mereka membutuhkan cukup air bersih untuk mencuci makanan, jadi pastikan untuk menyediakan air bersih bagi mereka.

Tempat berlindung harus dibangun untuk menampung burung-burung ini. Penampungan bebek tidak harus mewah seperti kandang ayam tetapi harus memberikan manfaat yang sama seperti perlindungan dari cuaca ekstrim dan perlindungan dari predator.

Lantai rumah harus dijaga agar tetap kering dan untuk melakukan hal tersebut dapat dibuat dari batang bambu sehingga basah dapat diserap oleh bambu tersebut. Juga bukan ide yang buruk untuk berada di dekat kolam sehingga bebek dapat berenang untuk menikmati dan mendinginkan diri.

  • Kelinci 

Jenis ternak lain yang cocok untuk peternak pemula adalah kelinci. Jenis ternak ini mudah diberi makan, mudah dibersihkan dan berkembang biak. Beberapa petani menganggap bahwa memelihara hewan ini rumit padahal sebenarnya tidak dan dapat dengan mudah dilakukan bahkan oleh petani pemula sekalipun.

Beternak kelinci berbeda dengan memelihara ayam atau bebek. Kelinci makan berbagai jenis makanan dan berperilaku dengan cara yang berbeda, satu-satunya hal yang terkait adalah bahwa mereka tidak membutuhkan banyak lahan untuk beternak. Karena mereka adalah hewan yang pendiam, penting bagi peternak untuk mengetahui cara membaca bahasa tubuh mereka untuk mengetahui apakah mereka bahagia atau sakit. Kenali bagaimana mereka berperilaku saat sakit sehingga Anda dapat merawatnya dan memberikan perawatan yang tepat.

Anda juga harus memberi makan kelinci Anda setiap hari dengan makanan bergizi yang dapat dibeli dari toko ternak Anda. Pakan yang dijual dari toko biasanya memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kelinci yang sehat sehingga tidak perlu khawatir untuk memberi mereka makanan yang seimbang.

Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak boleh memberi mereka beberapa sayuran dan buah-buahan hijau segar. Salah satu sayuran yang kita tahu disukai kelinci adalah wortel, jadi pastikan Anda memasukkannya ke dalam menu Anda.

Kelinci kandang tidak membutuhkan banyak lahan. Untuk memelihara kelinci, Anda harus membangun atau membeli beberapa kandang dengan setiap kelinci menempati satu kandang. Kandang harus cukup besar untuk memungkinkan kelinci melompat-lompat dan menjadi hangat di malam atau musim dingin. Jika kandang terletak di area berpagar baik, Anda bisa membuat celah untuk kelinci masuk dan bermain di luar.

Seperti yang Anda lihat, menjadi peternak dapat dengan mudah dilakukan bahkan jika Anda besar di kota dan baru mengenal kehidupan pedesaan. Anda hanya perlu mengetahui jenis ternak yang bisa Anda pelihara yang tidak akan sulit untuk dikelola. Ketiga jenis ternak yang dibahas di atas dapat membantu Anda mulai menjadi peternak yang sukses bahkan sebagai pemula yang lengkap.